Monday, June 9, 2008

Cara Membuat Pumpa Air Tenaga Angin

MEMBUAT POMPA AIR TENAGA ANGIN

Langkah Awal cara membuat pumpa air tenaga angin; panduan ini sekedar sharing pengalam penulis dalam menyelesaikan beberapa proyek yang bersifat profit dan non profit, tentu banyak kekurangan dan perlu kritik yang membangun, kiranya itu berkenan silakan komen dan kita berbagi pengalaman bersama...

SURVEY LOKASI


1. Survey lokasi, Carilah lokasi yang terbuka kesegala penjuru arah mata angin dengan luas minimal 20 - 50 KM, semakin luas area terbuka semakin besar kemungkinan angin berhembus. di Indonesia kecepatan angin ada potensi namun belum banyak yang termanfaatkan.

dalam hal survey yang penting adalah anda bisa mengira2, atau mengukur dengan aero meter, bahwa angin yang berhembus adalah stabil, kontinu dan terasa lebih dari 10 km/jam dengan ukuran ketika anda naik sepeda motor.
Gambar lokasi Terbuka, untuk mengukur dengan tepat gunakan anemo meter.


TOWER
Tower berfungsi untuk menyangga mesin mekanik yang akan berputar. bahan bahan yang harus ada untuk membuat tower:
a. Besi Siku 5 x 5 = 4 buah
b. Besi Siku 4 x4 = 6 buah
c. Klaker O baut 4 ukuran besi 2 "
d. Baut 12 an Secukupnya
e. Baut 17 an 18 buah




PASANGAN TOWER
Buat Kerangka pondasi yang akan disambung ke tower. tinggi = 2 meter
Lebar bag bawah = 1 m2 di pasang bata dan di cor biar kuat menahan angin dan beban kipas
catatan : gunakan besi siku ukuran 4x4 untuk pondasi dan tower
Kerangka ini ditanam dengan pasangan bata komposisi semen 1 semen, 4 pasir, dengan pasangan yang disesuaikan dengan kondisi daerah, apabila hembusan angin kencang maka perlu lebih dalam dan luas.


KIPAS
Kipas berfungsi sebagai penangkap energi terbarukan yaitu angin, perhitungan blade adalah berawal dari 3 belah, kelipatanya 6 belah, sebilan belah, duabelas belah, limabelas belah dan seterusnya. dengan formasi penyusunan Y, dengan diameter minimal 2,5 meter untuk  tower 6 meter

PUMPA
Pumpa air tenaga angin pada prinsipnya sama dengan pompa sumur Bor, ungkit, namun desain dan kontruksinya disesuai dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin, apabila tenaga yang dihasilkan sedikit maka diameter pompa lebih sempit dibanding dengan kapasitas besar.

Untuk panduan pembuatan pumpa air tenaga angin, silakan link berikut ini

2 comments:

Anonymous said...

Tolong jelaskan apa yang dimaksud pemasangan kipas dengan formasi penyusunan Y? Terima kasih

Amin Trenggalek said...

model Y denga posisi 60% mas,, jadi dibolak-balik posisinya tetap